• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Universitas teknik industri terbaik di Indonesia menjadi incaran para lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan studi di jurusan Teknik Industri. Teknik Industri merupakan salah satu jurusan favorit bagi para lulusan baru. Setiap tahunnya, kurang lebih ratusan ribu lulusan SMA/Sederajat akan bersaing memperebutkan kursi untuk berkuliah di jurusan Teknik Industri. Tak mengherankan jika banyak universitas berlomba-lomba untuk menjadi jurusan teknik industri terbaik yang ada di Indonesia.

Pengertian dari Jurusan Teknik Industri

Dari pengertian sederhana, Jurusan Teknik Industri itu mempelajari bagaimana cara untuk mengelola sebuah pabrik untuk dapat beroperasi secara produktif, efektif serta efisien. Lulusan teknik industri dituntut untuk menguasai bidang lain selain teknik, seperti manajemen dan pemasaran. Bagi sarjana Teknik Industri, operasional sebuah pabrik berada di pundak mereka.

Dalam sebuah pabrik ada banyak komponen yang terlibat, seperti mengatur Sumber Daya Manusia, menyediakan bahan baku, membutuhkan daya listrik, pengolahan kimia yang tepat, pengelolaan bangunan dengan baik, sampai menentukan harga jual produk agar dapat bersaing dengan baik di pasaran. Dengan banyaknya tanggungjawab yang diemban oleh lulusan Jurusan Teknik Industri, mereka pun harus mempelajari banyak sekali materi dasar.

Namun, bukan berarti mata kuliah yang diampu itu jadi sangat banyak, karena untuk mempelajari hal-hal tersebut hanya perlu mengajari dasarnya saja. Dengan menguasai banyak dasar dari ilmu teknik, lulusan Teknik Industri mampu untuk merumuskan solusi agar produksi pabriknya berjalan dengan baik. Makanya, Universitas teknik industri terbaik di Indonesia sangat dibutuhkan untuk dapat menghasilkan lulusan teknik industri yang baik.

3 Sub Bidang Keahlian Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini memiliki tiga sub bidang keahlian yang paling umum, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. Supaya lebih jelas, mari ketahui penjelasannya di bawah.

  1. Sistem Manufaktur

Sistem Manufaktur merupakan bidang keahlian yang menekankan pembahasa mengenai perencanaan serta optimasi sebuah sistem produksi dengan menggunakan konsep dan metode kuantitatif. Tujuan dari menggunakan sistem manufaktur adalah untuk dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi sistem yang akan langsung terintergrasi dengan manusia, material, mesin, energi untuk meningkatkan keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. Beberapa bidang keilmuan yang dapat dipelajari dalam sistem manufaktur adalah sistem produksi, pengendalian produksi, permodelan sistem, perencanaan, perancangan tata letak pabrik serta ergonomi.

  1. Manajemen Industri

Keahlian manajemen industri akan membahas bagaimana cara menciptakan dan meningkatkan nilai dari sistem usaha lewat fungsi dan bagaimana proses manajemen yang dapat bertumpu dengan keunggulan sumber daya manusia untuk menghadapi lingkungan usaha yang berubah-ubah dan untuk menghadapi persaingan dunia yang semakin kompetitif. Beberapa hal yang dapat dipelajari bidang keahlian Manajemen Industri adalah manajemen kualitas perusahaan, manajemen keuangan perusahaan, manajemen inovasi perusahaan, manajemen SDM perusahaan, manajemen pemasaran perusahaan, manajemen keputusan serta teknologi teknik.

  1. Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

Sistem Industri dan Tekno Ekonomi merupakan bidang keahlian yang membahas mengenai peningkatan daya saing sistem integral yang di dalamnya terdiri dari bahan baku yang digunakan, tenaga kerja yang membantu, energi yang digunakan, informasi yang dibutuhkan, teknologi dan infrastruktur yang dapat berinteraksi dengan masyarakat, komunitas bisnis, dan pemerintan. Beberapa ilmu yang dipelajar dalam sistem industri dan tekno ekonomi adalah sistem logistik, statistika industri, pengaturan operasional, logika pemrograman, dan sistem basis data.

Baca Juga: Kuliah dengan Asrama

4 Prospek Kerja Lulusan Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Ketika mengetahui bahwa banyak ilmu yang akan dipelajari oleh jurusan Teknik Industri, seorang  lulusan Teknik Industri ini tentu nggak perlu repot-repot memikirkan susahnya cari kerja. Lulusan jurusan teknik industri memiliki prospek kerja yang sangat luas. Sangat banyak perusahan yang membutuhkan lulusan teknik industri, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Di bawah ini merupakan 4 prospek kerja untuk para lulusan teknik industri.

  1. Divisi Engineering

Divisi Engineering merupakan divisi yang bertanggung jawab tentang seberapa lancarnya mesin-mesin produksi untuk dapat digunakan sesuai dengan kapasitas mesin tersebut. Pada divisi ini, seorang mahasiswa jurusan teknik industri seringkali mendapat kepercayaan menjadi seorang Head of Engineering di suatu perusahaan. Biasanya seorang Head of Engineering akan bertanggung jawab untuk; Mengatur tim engineering dalam mesin-mesin produksi agar selalu dalam kondisi baik, mengatur jadwal maintenance untuk setiap mesin produksi, bertanggung jawab dalam kualitas barang yang dihasilkan mesin produksi agar sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan, memastikan penggantian part dalam mesin produksi adalah part kualitas terbaik.

  1. Divisi Produksi

Divisi Produksi membutuhkan jurusan teknik untuk dapat menangani proses produksi dalam suatu pabrik. Hal ini diberikan kepada mereka karena seorang lulusan jurusan teknik mendapatkan ilmu di bidang proses produksi seperti Perancangan Tata Letak Pabrik, Simulasi Sistem, dan masih banyak yang lainnya. Posisi yang bisa dijabat oleh lulusan teknik industri di antaranya, Analyst Production yang tugasnya mengatur sebuah sistem kerja yang efisien dan efektif; Production Head yang tugasnya mengatur semua tim produksi untuk dapat menciptakan produktivitas kerja yang efisien.

  1. Divisi PPIC/Gudang (Warehouse)

Seorang yang bekerja di divisi PPIC/Gudang akan memiliki tanggungjawab di antaranya, membuat jadwal pemakaian mesin pabrik; memastikan kebutuhan bahan baku yang sesuai kebutuhan mesin produksi berdasarkan demand pihak marketing; memastikan bahan baku yang datang jumlahnya tepat dan kualitasnya pun sesuai yang dibutuhkan; memastikan proses peletakan mesin produksi sesuai dengan jalur proses produksi sehingga tidak ada barang yang berlawanan; memastikan peletakan bahan baku teratur dan mudah teratur jika dibutuhkan di Gudang. Biasanya lulusan teknik industri akan menjabat sebagai Head of PPIC atau Head of Warehose jika lulus dan ini jabatan paling penting.

  1. Divisi SHE (Safety, Health, and Environment)

Divisi SHE merupakan divisi yang bertanggung jawab mengenai keselamantan dan kesehatan pekerja di lingkungan suatu industri berdidi. Divisi SHE memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena setiap kebijakan yang diambil Divsi SHE akan berkaitan dengan keselamatan serta jiwa para pekerja dalam perusahaan. Umumnya seorang lulusan teknik industri menjadi seorang Head Safety Environment Engineer yang memiliki tugas menganalisis lokasi serta prosedurk kerja yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan pekerja.

Universitas teknik industri terbaik di Indonesia salah satunya adalah President University

President University merupakan kampus yang berada di kawasan industri Jababeka. Kampus ini merupakan kampus swasta bertaraf internasional yang patut disebut dengan istilah universitas teknik industri terbaik di Indonesia karena para mahasiswa jurusan teknik industrinya selalu berprestasi dan mengikuti kompetisi akademik, salah satunya adalah Industrial Engineering Competition of Atmajaya (IECA) 2017 dan meraih peringkat 2. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh President University pun sangat membantu para mahasiswanya untuk berkembang lebih baik dalam bidang industri. Makanya, jurusan teknik industri di kamus President University ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya.