• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Berkuliah di universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia menjadi pilihan banyak para calon mahasiswa baru. Pasalnya, jurusan Hubungan Internasional merupakan jurusan kuliah yang begitu banyak prospek kerjanya sehingga selalu banyak peminatnya. Hubungan Internasional merupakan hal yang berkaitan dengan usaha sebuah negara untuk menghadapi tantangan internasional, seperti isu keamanan dunia, masalah lingkungan secara global, masalah perdagangan dunia, dan masih banyak lagi. Berkuliah di universitas jurusan Hubungan Internasional akan memungkinkan dirimu merasakan dunia internasional lewat simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia, salah satunya adalah sidang PBB.

Alasan Harus Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus memilih berkuliah di universitas jurusan hubungan internasional terbaik di indonesia. Pertama, biasanya seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki peluang lebih besar untuk bergabung dengan lembaga-lembaga internasional seperti PBB, apalagi jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing selain bahasa Inggris seperti bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Prancis, Bahasa Rusia, dan bahasa Spanyol. Kemampuan berbahasa asing inilah yang akan memberikan peluang besar untuk kamu bergabung di lembaga internasional.

Kedua, lulusan Hubungan Internasional biasanya akan menjadi salah salah prioritas bagi Kementerian Luar Negeri untuk merekrut calon diplomat. Ketiga, selama belajar di jurusan ini, kamu akan dibentuk menjadi seseorang yang siap untuk go international! Kelima, dengan banyaknya perusahaan multinasional, lapangan pekerjaan untuk para lulusan Hubungan Internasional akan semakin bervariasi. Last but not least, dengan memiliki kemampuan analisis tentang masalah-masalah dunia internasional, bekerja di media pun akan menjadi pilihan yang bagus untuk para lulusan universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia.

5 Tanda Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Hubungan Internasional

Setelah menemukan alasan mengapa kamu harus kuliah di universitas dengan jurusan hubungan internasional tapi kamu masih belum yakin, kamu perlu ketahui nih ada beberapa tandanya. Berikut 5 tanda bahwa kamu cocok untuk berkuliah di jurusan hubungan internasional.

  1. Kamu senang mengamati situasi politik dalam maupun luar negeri

Dasar dari jurusan Hubungan Internasional adalah ilmu politik. Jika kamu orang yang penasaran atau bahkan senang dengan isu-isu politik yang terjadi di dalam mapun di luar negeri, kamu suka memerhatikan berita soal partai politik, aktor politik (contohnya presiden dan pejabat daerah),  atau kamu senang dengan keputusan-keputusan politik yang dikeluarkan oleh para aktor politik, bisa jadi kamu itu sangat cocok untuk berkuliah di jurusan ini.

  1. Kamu senang membaca buku yang berbasis teori

Kalau kamu termasuk tipe mahasiswa yang senang membaca buku sejarah, biografi, atau teori pemikiran, jurusan hubungan internasional bisa menjadi pilihanmu berkuliah. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal yang kamu senangi itu seperti Teori Konflik, Teori Diplomasi, Paham Realis, Komunis, Liberal, dan lain sebagainya. Segala macam teori yang kamu pelajari akan kamu gunakan ketika kamu praktek langsung sebagai seorang Diplomat. Terkesan bosan tapi dari sini kamu akan mengetahui bahwa ada alasan mengapa sebuah negara mengambil keputusan besar.

  1. Kamu senang berinteraksi dengan orang lain

Kalau kamu orang yang senang bergaul, mengobrol, atau memengaruhi orang lain dengan pendapatmu, kamu bakalan cocok nih jadi mahasiswa jurusan hubungan internasional. Soalnya, selain berpolitik, seni bersosialisasi itu sangat penting sebagai penunjang proses perkuliahanmu. Ini juga menjadi alasan mengapa pekerjaan impian lulusan hubungan internasional adalah Diplomat. Seorang Diplomat itu harus pintar berkomunikasi, bersosialisasi, bernegosiasi, dan juga mempresentasikan sebuah negara.

Baca Juga: Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

  1. Kamu senang berbicara di depan umum

Jika kamu orang yang senang berpidato di depan umum, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan hubungan internasional. Hal ini karena anak-anak HI kegiatannya berkaitan dengan presentasi, interaksi, serta berdebat.

  1. Kamu senang mengalisis studi kasus

Salah satu alasan terakhir tapi bukan paling akhir, jika kamu senang menganalisis suatu kasus, kamu berarti cocok untuk berkuliah di jurusan ini. Kebanyakan mata kuliah yang diajarkan jurusan hubungan internasional berisi studi kasus dan para mahasiswanya ditantang untuk mengolah pendapat mereka tentan kasus-kasus tersebut.

Prospek kerja untuk para lulusan Hubungan Internasional

Saat menjadi lulusan Hubungan Internasional, kamu akan menemukan banyak pekerjaan dengan beragam dan jenjang karier yang sangat bervariasi. Gaji yang ditawarkan untuk para lulusan baru pun bisa dibilang cukup kompetitif, tergantung di mana kamu bekerja dan apa saja kemampuan serta pengalaman yang kamu miliki. Banyak sekali mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang memiliki mimpi sebagai seorang Diplomat. Bekerja menjadi seorang Diplomat itu sangat menyenangkan lho! Kamu bisa berkesempatan berkeliling dunia dan menjadi representasi Indonesia. Seorang yang menjadi lulusan Hubungan Internasional juga bisa bekerja di bidang media massa mengingat Hubungan Internasional sangat erat kaitannya dengan komunikasi.

Dunia Perkuliahan Jurusan Hubungan Internasional

Saat kamu memutuskan untuk berkuliah di universitas jurusan hubungan internasional terbaik, kamu akan banyak mempelajari hubungan antarnegara, perdamaian dan konflik antarnegara, politik dan keamanan global, serta mempelajari ekonomi politik dan pembangunan di dunia internasional. Materi yang diajarkan di jurusan ini sangat luas lho. Kamu akan membahas mengenai globalisasi, sistem politik internasional, keadaan keuangan global, organisasi internasional, hukum internasional, hak asasi manusia, konflik mengenai etnik, dan masih banyak lagi.

Salah satu peminatan yang ada di jurusan Hubungan Internasional ini adalah Perdamaian Internasional. Di peminatan ini, kamu akan menganalisis bagaimana keterlibatan beberapa aktor dalam perang dan isu keamanan internasional, kamu juga akan menganalisis bagaimana konteks dan norma baru dalam masyarakat (seperti masalah gender, keamanan pribadi, dan hukum humaniter internasional) untuk dapat membantu perdamaian di dunia internasional. Peminatan lainnya yang bisa kamu pilih dalam jurusan ini adalah Politik Internasional serta Kerjasama dan Pembangunan Internasional.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Hubungan Internasional di antarnya adalah Sejarah Hubungan Internasional, Organisasi Internasional, Sejarah Diplomasi, Politik Internasional, Politik Luar Negeri Indonesia, Hukum Internasional, Hubungan Internasional di Asia Timur, Hubungan Internasional di Eropa, Hubungan Internasional di Amerika, Ekonomi Politik Internasional dan masih banyak lainnya. Setelah lulus, para lulusan universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia akan memiliki gelar yang beragam, tergantung di kampus mana kamu mengenyam pendidikan. Ada kampus yang akan memberikanmu gelar Sarjana Hubungan Internasional, ada juga kampus yang memberikan gelar Sarjana Ilmu Politik, dan ada juga yang memberikan gelar Sarjana Sosial.

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik adalah President University

Salah satu universitas yang memiliki jurusan Hubungan Internasional yang terbaik di daerah Jawa Barat adalah President University. Kampus yang berada di kawasan Jababeka ini juga memberikan banyak beasiswa untuk para calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah berkuliah di sana. Bahasa pengantarnya pun menggunakan bahasa Inggris sehingga tak heran jika kampus ini masuk kategori universitas jurusan hubungan internasional terbaik.