• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Kuliah dengan Asrama

Kuliah dengan Asrama

Kuliah dengan Asrama

Kuliah dengan asrama bisa menjadi pilihan bagi para mahasiswa rantau karena belum tahu harus tinggal di mana setelah sampai kampus tujuan. Sangat beruntung bagi kamu yang memiliki kerabat yang tinggal di dekat wilayah kampus, kamu bisa numpang di sana sambil menghemat anggaran. Orang tuamu tentu juga tidak harus cemas bagaimana keadaanmu di daerah rantau karena sudah ada kerabat yang menjaga. Tapi bagaimana jika kamu benar-benar pindah ke kota baru yang tidak ada kerabatmu? Alhasil kamu pun akan memilih kuliah yang memiliki asrama.

Kelebihan Kuliah dengan Asrama

Setelah harus menjadi mahasiswa rantau, kamu pun harus memilih antara kuliah yang memiliki asrama´╗┐ atau kuliah dengan kos? Kamu perlu pertimbangkan nih, ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika kamu asrama bersamaan dengan kuliah, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki harga sewa yang murah

Asrama biasanya dikelola oleh pihak kampus, maka tak mengherankan jika harga sewa-nya per bulan akan jauh lebih murah ketika kamu ngekos. Biasanya, range harga yang ditawarkan oleh pihak kampus untuk kuliah plus asrama berkisar Rp250 ribu- Rp1 juta per bulannya. Hal ini dilihat dari kampus dan fasilitas yang disediakannya. Tuh, kan murah.

  1. Memiliki fasilitas yang lengkap

Siapa bilang asrama nggak punya fasilitas yang mumpuni? Fasilitas dari asrama kampus juga nggak kalah hebat daripada kosan maupun apartemen. Di sebuah asrama kampus, pasti terdapat kamar mandi, kantin, dapur, ruang tamu, ruang belajar, ruang rekreasi, sampai tempat ibadah yang pastinya akan memudahkanmu melakukan aktivitas. Tapi ada beberapa fasilitas tambahan yang tentunya semakin memudahkanmu tinggal di asrama, yaitu jasa benatu, ATM, minimarket, tempat fotokopi, ruang olahraga, serta fasilitas wifi, tuh sangat lengkap kan untuk kamu para mahasiswa? Kamu nggak perlu cepas deh universitas dengan fasilitas asrama.

  1. Jaraknya dekat dengan kampus

Kalau kamu memilih kuliah bersamaan dengan asramanya, kamu sudah nggak perlu lagi tuh naik ojek ataupun angkot karena asrama itu berdampingan dengan gedung kampus. Kamu hanya perlu jalan kaki untuk sampai kelasmu setiap harinya. Kamu pun bisa menghemat ongkos transportasi-mu dan bisa ditabung untuk banyak kegiatan penting lainnya, seperti membeli buku, makan enak, ataupun travelling bersama teman-temanmu.

  1. Kamu dapat banyak teman baru dari berbagai daerah

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah dan masuk asrama, kamu akan mudah beradaptasi dengan orang baru karena di asrama kamu akan mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah. Biasanya kamar asrama itu diisi oleh dua sampai empat orang. Kamu juga akan mendapatkan banyak cerita serta pengalaman seru dari orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda denganmu, lho! Seru banget kan?

Baca Juga: Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Kekurangan Kuliah dengan fasilitas Asrama

Meskipun banyak kelebihan ketika kamu memilih untuk menyewa asrama, tapi ada juga lho kekurangan yang akan kamu rasakan jika memiliki kuliah bersamaan dengan asrama. Kekurangannya adalah sebagai berikut.

  1. Kamu harus mematuhi semua peraturan ketat yang ada di asrama

Ketika memutuskan untuk kuliah bersamaan dengan asrama, kamu juga harus siap nih untuk mematuhi semua peraturan ketat yang ada di asrama-mu. Jangan harap kamu bisa pulang malam secara sering atau boros ketika menggunakan listrik. Bisa-bisa kamu malah kena marah dan bisa kena SP lho!

  1. Fasilitas yang ada di asrama itu adalah fasilitas umum

Asrama memang terkenal memiliki fasilitas yang sangat lengkap tapi fasilitas-fasilitas yang tersedia itu merupakan fasilitas umum. Biasanya, dapur dan kamar mandi merupakan fasilitas yang paling sering dipakai secara bersama dengan para penghuni kos lainnya. Kalau kamu dan temanmu nggak sama-sama menjaga kebersihan kedua tempat tersebut, pasti akan menyebalkan bukan? Apalagi jika kamarku berisi orang lebih dari dua orang, tentunya kamu akan kehilangan ruang privasi karena harus bersama dengan teman sekamarmu terus.

  1. Ada beberapa kampus yang hanya memperbolehkan mahasiswanya untuk tinggal di tahun pertama

Kalau kamu merasa bahwa kamu bisa selamanya kuliah di asrama, tentu kamu salah besar. Ada beberapa kampus yang hanya mewajibkan mahasiswanya untuk kuliah asrama di tahun pertamanya. Setelah itu, para mahasiswa pun harus mencari tempat baru untuk tinggal. Hal ini terjadi karena kamar-kamar yang digunakan akan diperuntukkan bagi para mahasiswa tahun berikutnya.

  1. Terbatasnya kesempatan berkunjung

Satu lagi yang menjadi kekurangan ketika kamu memutuskan untuk berasrama adalah kamu akan memiliki batasan berkunjung. Biasanya, asrama memiliki kebijakan tentang membatasi jumlah kunjungan bagi para penghuninya. Jadi, saat orang tuamu ingin mampir ke asrama dan bertemu denganmu, orang tuamu tidak akan berlama-lama bertemu denganmu di asrama. Huft, sedih deh.

Kampus yang Menyediakan Asrama

Ketika sudah mengetahui kelebihan serta kekurangan universitas dengan asrama, kamu patut tahu nih kampus mana saja yang menyediakan asrama untuk para mahasiswanya. Info ini tentu akan membantumu memilih yang tepat apakah kamu lebih baik ngekos atau ngeasrama?

  1. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran merupakan universitas negeri yang ada di daerah Bandung dan Jatinangor. Yap, kampus yang berada di daerah Jawa Barat ini menyediakan fasilitas asrama untuk para mahasiswa barunya terutama bagi para mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Biasanya juga asrama Unpad ini banyak disewa oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran dan farmasi. Hal yang menarik dari asrama ini adalah pihak universitas menyuruh setiap mahasiswa baru untuk tinggal di asrama pada tahun pertama, tapi setelah itu bisa memilih melanjutkan tinggal di asrama atau tidak. Terjamin banget ya!

  1. Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret atau yang dikenal dengan sebutan UNS ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri terbaik di daerah Solo. Kampus ini berlokasi di Jalam Ir. Sutami No. 36 A. UNS pun merupakan salah satu kampus di Indonesia yang menyediakan fasilitas kampus untuk para mahasiswanya yang tinggal di luar wilayah Solo. UNS memiliki 4 Gedung asrama yang terdiri dari kamar untuk satu orang mahasiswa atau untuk 2 orang mahasiswa. Asrama kampus UNS ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti kantin, ruang tamu, dan juga ruang rapat.

  1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau yang lebih dikenal dengan akronim UNAIR merupakan kampus yang berada di daerah Surabaya, Jawa Timur. UNAIR juga memiliki fasilitas tempat tinggal untuk para mahasiswanya. UNAIR termasuk salah satu PTN yang terbaik di Indonesia dan dunia karena menyediakan fasilitas untuk tempat tinggal mahasiswanya, seperti asrama, kos-kosan, dan kontrakan yang lebih baiknya lagi, tempat-tempat tinggal ini sangat banyak peminatnya lho!

  1. Telkom University

Telkom University Bandung merupakan kampus swasta yang menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk para mahasiswa baru di tahun pertamanya dan ini sangat wajib. Biaya tinggal di asrama ini akan dibayarkan saat penerimaan mahasiswa baru, tapi biaya tersebut belum termasuk dalam biaya makan dan minum, listrik, wifi, serta biaya laundry pakaian. Asrama Telkom juga menyediakan beberapa fasilitas berupa meja belajar, kamar mandi, WC Umum, TV, Aula, Dapur, Wifi, Kolam Renang, Lapangan Tenis, dsb.

  1. President University

President University merupakan kampus swasta di daerah Bekasi, Jawa Barat yang juga menyediakan fasilitas asrama. Kamu, para mahasiswanya bisa kuliah bersamaan dengan asrama di asramanya yang memiliki sebutan PUSH (President University Student Housing). Para mahasiswa tahun pertama diwajibkan untuk tinggal di asrama dan tahun berikutnya bisa memilih untuk lanjut di asrama atau memilih tempat tinggal lain. Fasilitas yang ditawarkan oleh PUSH ini juga nggak tanggung-tanggung lho! Kamu mendapatkan free parkir untuk motor, memiliki free wifi, free air galon dan juga ada saung untuk tempat belajar bareng. Tidak hanya itu, PUSH juga memiliki fasilitas olahraga yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan hobimu. Tak heran jika istilah kuliah dengan asrama sangat lekat dengan President University.

Kuliah dengan Asrama