• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Mencari kampus dengan jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia adalah suatu keharusan bagi kamu yang ingin berkuliah di fakultas mesin. Berkuliah di jurusan Teknik Mesin bukan berarti kamu selalu belajar soal motor, mobil, ataupun kegiatan perbengkelan lainnya. Namun, di dalam Teknik Mesin, kamu juga akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan konversi energi, teknik produksi, konstruksi dan perencanaan, dan juga material.

Pengertian Teknik Mesin

Teknik mesin dikenal juga dengan nama teknik mekanika. Pada jurusan Teknik Mesin, kamu akan mempelajari bagaimana prinsip-prinsip fisika yang akan diterapkan pada analisis mesin, desain mesin, manufaktur mesin, dan pemeliharaan mesin. Sebagai mahasiswa teknik mesin pun kamu juga harus memperdalam kemampuan di beberapa cabang ilmu teknik, seperti mekanika, teknik material, kinematika, dan termodinamika. Pemahaman mengenai mesin banyak dibutuhkan oleh berbagai industri, terutama industri otomotif dan manufaktor. Di jurusan ini pun kamu diharapkan dapat update pengetahuan tentang mesin. Karena mesin itu selalu berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi. Semakin modern masanya, mesin juga akan semakin canggih.

Alasan Mengapa Kamu Haru Memilih Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Ketika kamu merasa bahwa kamu adalah orang yang menyukai mesin serta hal-hal yang berkaitan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin sebagai jurusan kuliah. Keunggulan dari jurusan Teknik Mesin ini adalah luluannya akan sangat banyak dibutuhkan oleh berbagai macam industri. Industri otomotif merupakan salah satu industri yang akan membutuhkan peran lulusan teknik mesin untuk merancang kendaraan bermotor yang mereka ciptakan. Begitu pula dengan industri kedirgantaraan yang akan selalu membutuhkan Sarjana Teknik untuk merancang serta merakit pesawat terbang. Namun, ada juga beberapa kampus yang akan menawarkan jurusan spesifik untuk memenuhu kebutuhan dari industri ini, yaitu jurusan Teknik Mesin Dirgantara.

Selain itu, perusahaan-perusahaan di industri manufaktur juga sangat membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Contohnya, bidang manufaktur juga perlu melakukan perawatan serta pembaharuan mesin yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dari lulusan jurusan teknik mesin terbaik. Begitu juga dengan industri otomotif yang akan selalu mengembangkan mesin serta teknologinya. Lulusan teknik mesin itu memiliki peranan yang cukup penting untuk menciptakan berbagai macam alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi. Ilmu dan pengetahuan mengenai konversi energi yang kamu dapatkan di perkuliahan juga akan menjadi nilai jual yang sangat tinggi karena banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan alat dari sumber energi yang dapat diperbarui untuk mendukung aktivitas manusia.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

Banyak orang yang tidak memahami dan menilai bahwa lulusan jurusan teknik mesin akan bekerja di bengkel otomotif. Padahal, faktanya banyak dari lulusan teknik mesin yang akan bekerja di balik komputer sebagai engineer, maintenance planner, serta juga menjadi designer. Karena dalam perusahaan industri yang bergerak di bidang kedirgantaraan, otomotif, manufaktur dan otomatiasai, bioteknologi, ataupun minyak dan gas juga membutuhkan para lulusan teknik mesin untuk merancang produk tertentu. Peluang karier bagi lulusan teknik mesin sangat besar. Jenis karier dan jenjang karier yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Begitu juga dengan gaji yang cukup kompetitif untuk para fresh graduate.

Baca Juga: Info Beasiswa S1

Dunia Perkuliahan Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia akan mempelajari mengenai perancangan, pengembangan, serta pengelolaan mesin. Di jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang energi dan sumbernya untuk dianalisis, desain, manufaktur, serta bagaimana pemeliharaan suatu sistem mekanik. Secara umum, ada empat bidang yang akan kamu pelajari selama 4 tahun di jurusan teknik mesin, yaitu Konversi Energi, Perancangan Mesin, Material, dan Teknik Produksi Mesin.

Konversi energi akan mempelajari bagaimana cara membuat mesin yang dapat digunakan untuk mengubah suatu energi untuk menjadi energi lain. Perancangan mesin akan mempelajarin bagaimana fokus proses mendesain mesin dan bagaimana simulasi dari mesin tersebut, kamu nggak boleh asal nih buatnya! Material merupakan peminatan yang akan berfous pada pengembangan serta pembuatan material baru yang mempertimbangkan struktur atom dalam penyusun material itu sendiri. Terakhir, Teknik Produksi Mesin, akan berfokus pada kegiatan penelitan serta pengembangan mesin-mesin manufaktur.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai ketika berkuliah di jurusan teknik mesin

 adalah Kinematika dan Dinamika, Mekanika Fluida, Termodinamika, Struktur dan Sifat Material, Elemen Mesin, Mekanik Kekuatan Bahan, Getaran Mekanis, Mekatronika, Mesin Fluida dan Perpindahaan, Mesin Bahan Torak, dan masih banyak lagi. Ketika berkuliah di jurusan ini, diharapkan kamu menjadi mahasiswa yang aktif bergabung dengan kelompok mahasiswa untuk meningkatakn keahlianmu dalam bidang ini. Hal ini akan memberikan gambaran bahwa kamu dapat bekerja bersama, melakukan riset bersama teman kelompokmu, mendesain mesin, merancannya, dan juga dapat memproduksi mesin bersama teman-temanmu. Ini juga akan berdampak pada nilai jual dirimu dan pengalaman kerjamu yang akan membuatmu mudah bersaing di dunia kerja.

Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia adalah President University

Ketika membicarakan jurusan teknik mesin, pasti kampus President University akan selalu masuk daftar jurusan teknik mesin menurut daftar universitas swasta. Tujuan dibukanya jurusan teknik mesin ini adalah untuk melatih serta mendidik mahasiswanya dalam mendukung perancangan sistem rekayasa lewat penerapan pengetahuan, penerapan keterampilan, dan penerapan alat teknik mesin dasar. Selain itu, diharapkan mahasiswanya dapat bekerja mandiri atau berkolaborasi dengan orang lain, sekaligus juga dapat menunjukkan sebuah tanggung jawab profesional dan juga etika profesi teknik.

Jurusan Teknik Mesin President University juga sudah berhasil meraih predikat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 29 Agustus 2018 lalu. Proses akreditasi jurusan Teknik Mesin President University ini sudah dilakukan sejak 20-21 Agustus 2018. Yang dijadikan acuan ketika meninjau kelayakan kampus untuk naik akreditasi adalah tinjauan fasilitas kampus yang tersedia, seperti ruang kelas, perpustakaan, asrama, dan juga ruang lab organik Teknik Mesin. Selain itu, para peninjau juga melakukan tinjauan ke lab manufaktur, Computer Aided Design, drawing, electrical power, prestasi mesin, material, fisika, kimia, dan mekatronika. Tentunya, ketua Prodi Teknik Mesin President University, Dr. Eng. Lydia Anggraini, S.T., M. Eng, mengatakan bahwa mereka sangat antusias untuk mendapatkan predikat akreditasi A untuk jurusan mereka.

Untuk fasilitas yang ditawarkan, President University menyedikan fasilitas yang dirancang sama dengan kelas internasional sehingga siapa pun yang berkuliah di sana akan menjadi semangat untuk go international. President University memberikan sarana untuk tempat beristirahat bagi para mahasiswanya di sebuah asrama dan apartemen yang dikelola oleh pihak kampus. Lokasi asrama dan apartemennya juga strategis dan dekat dengan kampus. Selain itu, President University juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang telah bergabung di President University. Kampus ini sangat yakin bahwa mereka akan dapat menciptakan lulusan teknik mesin terbaik di Indonesia yang dapat membantu Indonesia untuk dapat berkembang dan maju.