• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Mencari beasiswa universitas swasta di Indonesia mungkin bukan hal yang mudah karena universitas swasta identik dengan kuliah dengan biaya mahal. Banyak juga anak-anak yang kurang beruntung dan harus menunda kuliahnya atau bekerja sambilan agar dapat tetap membayar kuliahnya. Cara untuk mendapatkan sebuah beasiswa itu sangat beragam guys. Ada yang sudah disediakan oleh kampus penyelenggara atau ada pula lembanga tertentu yang menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya.

Pengertian Beasiswa

Banyak yang belum memahami pengertian dari beasiswa itu sendiri padahal banyak yang mencarinya sebelum menjadi seorang mahasiswa. Program Beasiswa merupakan semua usaha untuk memberikan bantuan keuangan kepada perorangan yang memiliki tujuan untuk dapat digunakan sebagai biaya pendidikan yang sedang ditempuh. Seperti telah dikatakan di atas bahwa beasiswa sendiri dapat diberikan oleh pemerintah, sebuah perusahaan ataupun sebuah yayasan. Pemberian beasiswa biasanya dikategorikan sebagai pemberian gratis tanpa adanya ikatan kerja (atau biasa disebut dengan ikatan dinas) setelah masa pendidikan peserta didik tersebut selesai.

3 Jenis Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Setelah mengetahui pengertian beasiswa universitas swasta, kamu pun bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan jenis beasiswa  ini untuk meringankan beban biaya kuliahmu. Agar kamu mudah menjalani hidup di dunia perkuliahan tanpa pusing memikirkan biaya, berikut 3 jenis beasiswa swasta yang perlu kamu ketahui.

  1. Beasiswa universitas swasta melalui prestasi akademik

Beasiswa universitas swasta di Indonesia yang diberikan lewat prestasi akademik tentunya akan diberikan bagi para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang luar biasa. Biasanya, beasiswa jenis ini akan memberikan persyaratan utama yang sangat gamblang, yaitu memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa yang harus di atas rata-rata. Jika kamu memiliki kriteria ini, kamu akan berpeluang untuk mendapatkan beasiswa ini selama satu atau dua tahun dalam menjalani perkuliahan. Jadi, kamu harus mempertahankan IPK-mu agar tetap statis atau malah meningkat ya! Salah satu universitas swasta yang menyedikan beasiswa lewat jalur prestasi adalah President University. Yap, President university menyediakan beasiswa untuk gelar S-1 melalui jalur rapor. Syaratnya pun nggak tanggung-tanggung, kamu harus mendapatkan nilai rapor minimal 80 pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris selama semester 1-4.

  1. Beasiswa universitas swasta untuk mahasiswa kurang mampu

Kalau kamu saat ini menjadi seorang mahasiswa swasta dan sedang kekurangan biaya kuliah, kamu tidak perlu khawatir karena ada juga beasiswa bantuan yang diperuntukkan untuk pelajar atau mahasiswa yang dikatakan kurang mampu secara ekonomi. Selain untuk mahasiswa yang kurang mampu, beasiswa bantuan ini juga diberikan untuk kamu yang memiliki prestasi yang cukup gemilang. Salah satu universitas swasta yang menyediakan program beasiswa ini adalah Politeknik Karya Hisada. Bagi kamu yang ingin berkuliah di bidang Kebidanan atau Keperawatan, kamu bisa langsung berkerja tanpa harus menganggur dan mencari beasiswa. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti Bantuan Biaya Pendidikan Pendidikan Prestasi Akademik (BPP-PPA) yang kamu temukan di kampus tersebut. Beasiswa BPP-PPA ini berasal dari Kementerian Riset Teknologi dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Dikti) lho jadi kamu tak perlu khawatir soal kualitasnya. Beasiswa ini bukan hanya untuk para mahasiswa yang memiliki kehidupan ekonominya yang kurang, tapi juga untuk mahasiswa dengan prestasi dan mengalami peningkatan di bidang akademis. Untuk mendaftarkan diri pada beasiswa ini adalah kamu harus berstatus sebagai mahasiswa aktif Politeknik Karya Husada Jakarta jenjang Diploma minimal semester II. Kamu harus memiliki akhlak yang mulia, tidak merokok, dan sudah mendaftarkan diri di laman Politeknik Karya Husada Jakarta.

  1. Beasiswa universitas swasta yang melalui prestasi non akademik

Bukan hanya mahasiswa berprestasi saja yang bisa mendapatkan beasiswa, tapi ada pula lho jenis beasiswa lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu beasiswa prestasi non-akademik. Untuk kamu yang memiliki prestasi di luar akademik, kamu juga akan bisa mendapatkan beasiswa. Banyak lembaga atau perguruan tinggi tertentu yang telah menyediakan beberapa beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki prestasi di luar akademiknya. Bisa saja kamu yang berprestasi di bidang seni, olahraga, atau bahkan keagamaan bisa mendapatkan beasiswa, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT-NF). Ada tiga jenis beasiswa di STT-NF untuk kamu yang berkuliah di kampus ini dan memiliki keinginan kuat menjadi seorang ahli dalam bidang IT, memiliki jiwa technopreneur, memiliki karakter jujur, peduli, kreatif, dan aktif. Salah satu beasiswa yang terkenalnya adalah Beasiswa Hafidz Al-Quran 30 Juz. Pihak STT-NF memberikan apresiasi untuk penghafal Al-Quran 30 Juz untuk mahasiswanya bukan hanya bisa berprestasi secara akademik, tapi juga menjadi seorang penghafal Al-Quran dengan memiliki sifat disiplin, amanah, berkarakter kuat, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Baca Juga: Beasiswa S1 Indonesia

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia salah satunya adalah President University

President University merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia yang memiliki akreditasi A. President University juga menawarkan lingkungan belajar dan tempat penelitian yang nyaman. President University merupakan kampus yang terletak di kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yaitu kawasan Industri Jababeka. Di sana banyak sekali perusahaan yang membangun serta menjalankan bisnis mereka.

President University saat ini memiliki empat Fakultas,  yaitu Fakultas Ilmu Komputer yang di dalamnya terdapat jurusan Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Desain Komunikasi Visual, dan Magister Sains dan Teknologi Informasi. Kemudia ada Fakultas Teknik yang di dalamnya terdapat jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Lingkungan. Lalu Fakultas Bisnis yang di dalamnya terdapat jurusan Akuntansi, Manajemen, Administrasi Bisnis, dan Magister Manajemen Teknologi. Dan yang terakhir Fakultas Humaniora yang di dalamnya terdapat jurusan Hubungan Internasional, Hukum, Komunikassi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

President University merupakan salah satu universitas swasta yang menyediakan banyak beasiswa untuk peserta didiknya. Ada beberapa beasiswa yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa dari President University ini, di antaranya adalah Beasiswa S-1 Jalur Tes Tertulis, Beasiswa S-1 Jalur Rapor, Beasiswa S-1 Jalur Prestasi, Beasiswa S-1 Jalur Tes Online, dan Beasiswa S-1 Jalur UTBK. Wajar saja jika President University dikatakan sebagai penyelenggara beasiswa universitas di Indonesia yang terbanyak karena memang banyak sekali beasiswa yang diberikan untuk para mahasiswanya.

Ada persyaratan yang harus dipenuhi bagi kamu pelamar beasiswa di President University. Namun, persyaratan paling umumnya adalah beasiswa ini berlaku bagi para WNI yang memiliki badan yang sehat dan terbebas dari Narkoba. Persyaratan lainnya adalah berlaku bagi calon lulusan SMA/SMK/Sederajat tahun 2020 atau maksimal dua tahun sebelumnya sebelum perkuliahan dimulai. Persyaratan berikutnya adalah bahwa para calon mahasiswa tersebut harus memiliki nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapornya minimal 80, pada masing-masing pelajaran dan harus memiliki nilai tersebut dari semester 1-4. Yuk, daftar beasiswa agar kamu bisa berkuliah dengan nyaman tanpa pusing mikirin biaya!