• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Beasiswa S1 Indonesia

Beasiswa S1 Indonesia

Beasiswa S1 Indonesia

Mencari Beasiswa S1 Indonesia merupakan hal yang wajar bagi para calon mahasiswa yang ingin meringankan biaya perkuliahan. Kalau kamu memiliki rencana untuk kuliah namun terbentur biaya, sepertinya kamu harus segera mendaftarkan dirimu untuk beberapa beasiswa S1 Indonesia yang bisa kamu perimbangkan. Indonesia sebagai negara yang berkembang juga banyak menyediakan beasiswa S1 Indonesia untuk para calon pemimpin bangsa, makanya kalau kamu cari dengan bijak pasti kamu akan mendapatkan beasiswa.

3 Tips Memilih Beasiswa yang Akan Kamu Daftarkan

Ada begitu banyak beasiswa S1 Indonesia yang tersebar di Indonesia dan tentunya kamu harus memilihnya dengan sangat bijak. Kamu perlu mendapatkan beasiswa yang pas untuk dapat nyaman berkuliah di jurusan serta universitas yang kamu inginkan. Nah, agar kamu nggak salah langkah, berikut 3 tips untuk memilih beasiswa yang akan kamu daftarkan.

  1. Pastikan jurusan apa yang akan kamu pelajari

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih beasiswa S1 Indonesia yang kamu daftarkan adalah kamu harus menentukan jurusan mana yang akan kamu tekuni. Ada beragam bidang ilmu yang dapat kamu pelajari saat di universitas atau lembaga pendidikan lainnya. Pintar memilih fakultas serta jurusan juga akan dapat menguntungkan para calon peraih beasiswa. Apalagi jika kamu memilih jurusan yang tidak terlalu banyak peminat. Kamu juga dapat memastikan berapa banyak jumlah pesaing yang akan kamu hadapi untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

  1. Pilih Universitas yang sesuai dengan jurusan tersebut

Tips berikutnya untuk mendapatkan beasiswa S1 Indonesia adalah kamu perlu memilih lembaga pendidikan atau universitas yang tepat. Setiap universitas pasti mengatakan bahwa mereka memiliki kualitas ilmu yang diterapkan dengan baik. Biasanya, dalam universitas terdapat jurusan serta fakultas yang menjadi favorit. Misalnya, Universitas Harvard merupakan universitas dengan jurusan hukum yang paling baik di dunia atau ITB yang sudah terkenal sejak dulu dengan jurusan Teknik dan Sains-nya. Cari tahu apakah jurusan di fakultas tersebut sesuai dengan bidang ilmu yang kamu ingin pelajari.

  1. Persiapkan dirimu untuk ikut tes atau persyaratan lainnya

Setelah menerapkan dua tips di atas, kamu juga harus perhatikan tips ketiga ini. Yup, kamu harus mempersiapkan dirimu dan juga persyaratan lain yang dibutuhkan jika ingin mendapatkan beasiswa S1 Indonesia. Jika kamu membutuhkan berkas-berkas untuk pendaftaran beasiswa, kamu harus melengkapinya dengan baik agar tidak menjadi bencana. Biasanya berkas-berkas yang diperlukan adalah ijazah terakhir, hasil tesl bahasa Inggris-mu dan masih banyak lagi. Beberapa penyelenggara beasiswa juga menerapkan nilai minimal untuk dapat lulus dalam tes masuknya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan dengan baik tes dan persyaratannya.

Baca Juga: Info Beasiswa S1

Beasiswa S1 Indonesia yang Dibuka Setiap Tahun

Ada beberapa beasiswa S1 Indonesia yang bisa kamu daftarkan bagi kamu yang ingin meringankan biaya kuliah. Tentunya, hal ini akan membuat orang tuamu bangga dan kamu bisa kuliah tanpa memberatkan beban mereka lho. Berikut daftar beasiswa S1 yang bisa kamu pilih setiap tahunnya.

  1. Beasiswa S1 Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa S1 Indonesia untuk para calon mahasiswa yang ditawarkan langsung oleh pemerintah. Beasiswa ini diperuntukkan untuk para lulusan SMA yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan ingin melanjutkan berkuliah ke jenjang S1. Setiap tahunnya penerima beasiswa bidikmisi mendapatkan dana yang cukup besar. Sebanyak kurang lebih 60 ribu mahasiswa atau bahkan lebih menjadi peserta beasiswa bidikmisi. Jika kamu masuk dalam kriteria dan berminat mendapatkan beasiswa bidikmisi ini, kamu bisa mulai cari tahu soal infonya. Beasiswa Bidikmisi ini akan memberikan biaya kuliah, biaya hidup, serta kebutuhan studi lainnya. Beasiswa Bidikmisi biasanya hanya ditawarkan saat kamu baru mau masuk dunia perkuliahan.

  1. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa S1 Indonesia yang bisa kamu pilih berikutnya adalah Beasiswa Tanoto Foundation. Pelamar beasiswa harus mahasiswa yang terdaftar sebagai universitas mitra Tanoto Foundation. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menjadi mitra Tanoto Foundation dan kamu bisa cek apakah calon universitasmu terdaftar sebagai mitra. Hal yang kamu dapatkan ketika daftar Beasiswa Tanoto Foundation, kamu akan mendapatkan biaya kuliah per semester dan biaya hidup. Biasanya pengumuman beasiswa ini ada di awal November.

  1. Beasiswa PPA – BPP PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik atau yang disingkat dengan Beasiswa PPA – BPP PPA merupakan beasiswa yang disediakan pemerintah lewat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Beasiswa PPA dan BPP PPA ini memang ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan dana sebesar Rp350 ribu per bulannya kepada para mahasiswa yang lolos seleksi dan diberikan selama 6 bulan. Pendaftarannya tergantung masing-masing kampus. Kamu rajin-rajin saja cek bagian Subag ya! Beasiswa ini merupakan beasiswa S1 Indonesia yang paling banyak dicari lho!

  1. Beasiswa S1 Sea

Beasiswa Sea merupakan beasiswa S1 Indonesia yang diperuntukan bagi mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang telah diterima di universitas manapun yang sudah berada di semester akhir perkuliahan. Beasiswa ini sudah rutin diadakan setiap tahun dan tahun 2020 akan dibuka kembali. Bagi yang memulai kuliah di tahun pertama, para mahasiswanya tidak hanya mendapatkan biaya pendidikan mulai dari semester 1-8, tapi juga mendapatkan biaya hidup bulanan, berkesempatan untuk magang di bisnis-bisnis milik Sea (Garena, Shopee, Airpay), dan juga akan diberikan laptop serta program pengembangan.

  1. Beastudi S1 Etos ID

Beastudi S1 Etos ID ditujukan untuk para lulusan SMA/Sederajat yang akan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, serta Ujian Mandiri jalur reguler. Beasiswa ini sangat tepat bagi kamu yang mengincar berkuliah pada tahun ini. Selain menyediakan biaya pendidikan selama 4 tahun, beasiswa yang berasal dari Dompet Dhuafa ini juga akan memberikan pesertanya uang saku, asrama untuk para mahasiswanya selama tiga tahun, memberikan pembinaan pada pesertanya selama empat tahun, serta memberikan biaya bantuan penelitian skripsi. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Januari.

  1. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa unggulan yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini bukan hanya ditujukan pada mahasiswa baru, tapi juga untuk mahasiswa yang sudah berkuliah di kampus. Beasiswa ini berupa biaya pendidikan, biaya hidup mahasiswa, dan juga biaya buku. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ini menjadi beasiswa dari mahasiswa yang rutin untuk para masyarakat umum. Salah satu alasan mengapa beasiswa S1 Indonesia ini dihadirkan adalah untuk memberikan bentuk apresiasi dari prestasi akademik serta prestasi mahasiswa yang bersangkutan selama ini.

  1. Beasiswa President University

Salah satu kampus swasta yang bisa jadi pertimbangan untuk mendaftar kuliah adalah President University. Kampus yang berada di wilayah Bekasi, Jawa Barat ini merupakan universitas internasional yang paling sering menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswa ataupun para mahasiswa yang sudah berkuliah di sana. Biaya kuliah di sana mungkin bukan yang termurah, tapi kamu bisa tetap berkuliah di universitas internasional tanpa pusing memikirkan biaya. President University pun pantas dikatakan sebagai kampus swasta dengan beasiswa S1 Indonesia di dalamnya.