• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Universitas Teknik Industri Terbaik di Indonesia

 Universitas Teknik Industri Terbaik di IndonesiaMencari universitas teknik industri terbaik di Indonesia mungkin bukan hal yang sulit karena begitu banyak kampus di Indonesia. Banyak universitas dengan jurusan teknik industri di Indonesia diserbu oleh para lulusan SMA. Tidak mengherankan karena jurusan ini sangat banyak memiliki prospek pekerjaan. Dari berbagai macam kualitas, ada beberapa kampus yang cocok dijadikan universitas teknik industri terbaik Indonesia.

6 Universitas Teknik Industri Terbaik Indonesia

1. Institut Teknologi Sepuluh November
Banyak sekali orang penting di bidang teknik industri yang berasal dari ITS. Lulusan teknik industri ITS ini juga memiliki gaji yang hampir 2 digit lho. Makanya, jurusan teknik industri ITS selalu menjadi incaran para calon mahasiswa baru. Jurusan teknik industri di ITS sudah menjadi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN- PT) sejak tahun 2011. Sedangkan jurusan teknik industri ITS sudah ada sejak tahun 1985. Bukan hanya nasional, di dunia, ITS juga sudah mendapatkan akreditasi tingkat ASEAN dan ABET. Sudah tidak perlu diragukan lagi deh bagi kamu yang ingin berkuliah di sini.

2. Institut Teknologi Bandung
Kalau sudah menyebutkan ITS di nomor satu, kamu tentu tidak boleh melewatkan Institut Teknologi Bandung atau ITB. Kampus yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini adalah salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia untuk belajar mengenai teknik dan teknologi. Bukan hanya di Indonesia, nama ITB sudah terkenal di negara-negara Asia maupun di dunia. Alumninya banyak sekali yang mendapatkan peran-peran penting yang ada di sektor teknik industri di Indonesia. Sangat banyak sarana dan prasarana yang tersedia di ITB untuk menunjang pendidikan bagi para peserta didiknya. Itulah mengapa ITB bisa kamu masukan dalam list universitas teknik industri terbaik di Indonesia.

3. Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro atau yang memiliki akronim Undip, merupakan universitas yang memiliki jurusan teknik industri terbaik di Indonesia. Semarang juga termasuk kota yang memiliki banyak sektor industri yang sudah maju maupun yang baru. Para kalangan non-akademik pun banyak yang berhasil menjadi pekerja terbaik di Semarang, apalagi kamu yang memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi pasti lebih mudah untuk berkompetisi dengan pihak lain. Fasilitas yang disediakan oleh Undip bagi para peserta didiknya itu sangat lengkap. Kalau dibandingkan dengan kampus ITS, mungkin masih kurang di bidang praktikumnya, tapi untuk bidang teoritis, Undip lebih baik. Jurusan teknik industri Undip pun sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 2012 lalu.

4. Universitas Sebelas Maret
Jurusan teknik industri yang tersedia di Universitas Sebelas Maret atau UNS ini sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT sejak tahun 2015. Dari sini bisa dilihat bahwa alumni yang dihasilkan oleh kampus ini benar-benar sangat mumpuni untuk bekerja di sektor teknik industri. Kamu pun harus pandai untuk menerapkan hal-hal elementer untuk memilih kampus terbaik di jurusan apa pun. Setiap tahun sejak tahun 2014, UNS memiliki acara rutin yang diberikan nama Industrial Engineering Conference atau IDEC. Acara ini merupakan media untuk mengembangkan networking yang ada di bidang teknik industri. Para mahasiswanya pun diharapkan untuk aktif dalam acara tersebut agar semakin banyak memiliki wawasan baru untuk dunia kerja setelah kuliah.

5. Universitas Andalas
Mari kita keluar Pulau Jawa. Ada universitas di daerah Sumatera Barat yang disebut dengan Universitas Andalas atau Unad. Jurusan teknik industri yang ada di Unad ternyata sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2015 lalu seperti UNS. Untuk taraf internasioanl, jurusan teknik industri Unad sudah ke arah ABET bersamaan dengan visi misi universitas ini. Bagi kamu yang berada di Pulau Sumatera dan ingin berkuliah di jurusan teknik industri, kamu bisa menjadikan teknik industri Unad menjad pilihan kampus terbaik salah satunya.

6. President University
Kalau di atas kita sudah membicarakan universitas negeri, sekarang kita beralih ke perguruan tinggi swasta. President University merupakan kampus yang memiliki jurusan teknik industri yang juga banyak mempelajari banyak hal. Di President University, kamu akan belajar dengan sistem produksi hingga manajerial. Kamu juga akan mendapatkan mata kuliah yang sangat berkaitan dengan pelajaran matematika, fisika, dan juga ilmu sosial seperti ekonomi dan juga psikologi. Untuk akreditasi yang dipegang oleh President University adalah akreditasi B dari BAN-PT yang akan berlaku sampai dengan Desember 2020.

Baca Juga: Fakultas Bisnis Manajemen Terbaik di Indonesia

Fakta yang dirasakan Saat Berkuliah di President University

President University memang memiliki banyak jurusan yang diminati oleh para lulusan SMA, salah satunya adalah jurusan teknik industri. Nah, bagi kamu yang melabuhkan hati untuk berkuliah di kampus ini, kamu harus tahu nih fakta yang akan kamu rasakan saat berkuliah di President University.

1. Memiliki komunitas multinasional
President University dikenal sebagai kampus internasional yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, maka mahasiswanya dan dosennya 30 persen mahasiswa dan dosen asing. Oleh karena itu, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan para pelajar asing. Ini juga bisa menjadikan kamu percaya diri berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang negara dan budaya yang berbeda. Biasanya, mahasiswa asing yang ada di President University berasal dari negara-negara ASEAN, Korea, dan juga Afganistan. Delapan puluh persen mahasiswanya pun berasal dari Tiongkok.

2. Dapat mengetahui Bahasa Inggris dari berbagai logat
Karena begitu banyak mahasiswa yang berasal dari negara asing, makanya para mahasiswanya pun akan mengetahui berbagai macam logat dalam bahasa Inggris. Di President University, bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris, makanya kamu pun akan mendengar berbagai macam logat daerah maupun mancanegara. Dari kebiasaan mendengarkan banyak logat inilah skill bahasa Inggris kamu untuk memahami non-native speaker akan jadi terlatih. Skill ini pun akan sangat berguna di dunia kerja nanti.

3. Mahasiswanya banyak yang aktif berorganisasi
President University menyediakan banyak organisasi yang dapat dipilih oleh para mahasiswanya serta 30 klub yang dapat dipilih oleh para mahasiswanya. Hal ini pun sudah diperkenalkan kepada mahasiswa sejak masa orientasi. Bukan hanya sekadar rapat, para mahasiswa President University ini pun harus rapat marathon, yaitu dalam sehari bisa ada beberapa rapat.

4. Tinggal di asrama
Para mahasiswa tahun pertama President University diwajibkan tinggal di asrama pada tahun pertama. Asrama atau dormitory ini jaraknya sangat dekat banget lho sehingga kamu tidak perlu khawatir kan telat masuk kampus. Kamu bisa langsung sampai deh kalau jaraknya sedekat itu.Cocok banget nih bagi kamu yang hobi telat waktu masih sekolah.

Bagi kamu yang saat ini sedang bingung ingin melanjutkan kuliah di mana, kamu bisa menjadikan daftar 6 kampus di atas sebagai rekomendasi universitas teknik industri terbaik di Indonesia. Jadi, nggak perlu ragu lagi deh!