• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia selalu menjadi incaran para calon mahasiswa baru. Berkuliah di jurusan Hubungan Internasional dikatakan memiliki prospek kerja yang begitu menjanjikan di kemudian hari. Jurusan ini merupakan cabang dari jurusan ilmu politik, makanya jurusan ini selalu ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kamu tentu mencari jurusan hubungan internasional yang terbaik kan, nah agar tak salah langkah, baca fakta-fakta di bawah ini ya!

Apa itu Hubungan Internasional

Hubungan Internasional atau yang dikenal dengan singkatan HI merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara negara satu dengan yang lainnya. Hal ini termasuk juga peran beberapa negara, organisasi-organisasi pemerintah, organisasi nonpemerintah, sampai dengan perusahaan multinasional. Hubungan internasional biasanya akan membahas mengenai upaya suatu negara untuk dapat menghadapi tantangan internasional yang terjadi di negara tempatnya bekerja, seperti isu keamanan dunia, masalah lingkungan hidup, dan juga kemiskinan yang dibahas oleh negara-negara lainnya. Jurusan ini memiliki cakupan yang sangat luas, seperti globalisasi, keamanan internasional, permasalahan terorisme, kejahatan yang terorganisasi, sampai dengan hak asasi manusia. Lulusan dari jurusan HI dapat berkarier di lembaga lokal maupun internasional.

Mata Kuliah yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional

Bagi kamu yang tertarik untuk berkuliah di Jurusan HI, kamu perlu mengenal nih apa saja mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional. Ada beberapa mata kuliah inti yang akan dipelajari oleh jurusan Hubungan Internasional, seperti berikut.

  1. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional

Saat semester awal, kamu harus belajar tentang dasar-dasar dari ilmu Hubungan Internasional. Ada pepatah yang mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”, oleh karena itu, kamu perlu mengenal ilmu pengetahuan tentang Hubungan Internasional ini dari mata kuliah Pengantar Ilmu Hubungan Internasional.

  1. Sejarah Internasional

Saat ingin belajar lebih jauh tentang sebuah topik baru, kamu pasti harus mendalami sejarah di belakangnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, ada mata kuliah Sejarah Internasional yang wajib kamu pelajari saat mengambil Jurusan Hubungan Internasional. Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari berbagai macam kejadian-kejadian terkenal yang terjadi di masa lampau. Dari situ, kamu pun mengerti kenapa ada topik baru karena ada latar belakang yang mengikutinya.

  1. Politik Internasional

Jurusan Hubungan Internasional itu tidak akan jauh dari permasalahan politik, baik itu politik di dalam negaranya sendiri ataupun politik internasional. Mata kuliah Politik Internasional pun salah satu mata kuliah penting yang perlu kamu pelajari. Di dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari berbagai sistem politik yang berlaku dan digunakan oleh negara-negara yang ada di dunia.

  1. Perbandingan Politik

Setelah mempelajari mengenai politik internasional, kamu perlu mempelajari nih apa saja perbandingan sistem politik satu negara dengan negara lainnya. Makanya, mata kuliah Perbandingan Politik perlu kamu pelajari. Dalam mata kuliah ini pengetahuanmu mengenai dunia politik akan semakin luas dan akan membantumu bekerja nantinya.

  1. Organisasi Internasional

Selain mempelajari Politik Internasional, kamu pun juga harus mempelajari tentang Organisasi Internasional di jurusan HI ini. Ada begitu banyak jenis organisasi internasional yang ada, baik itu organisasi pemerintah ataupun nonpemerintah. Kamu pun memiliki kewajiban untuk mendalami setiap hal dalam organisasi tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

Jika kamu adalah lulusan dari Jurusan Hubungan Internasioanl, kamu jangan cemas karena peluang kerja yang ditawarkan sangat luas. Pekerjaan bagi lulusan ini banyak dikatakan sebagai pekerjaan yang memiliki gaji yang sangat tinggi lho. Bersenang hatilah jika kamu adalah lulusan ini karena kamu akan mensejahterakan keluargamu.

  • Diplomat

Diplomat merupakan salah satu pekerjaan untuk para lulusan Jurusan Hubungan Internasional yang paling sering dipilih. Diplomat adalah seseorang yang ditugaskan di dalam sebuah negeri (di bagian Kementerian Luar Negeri), kedutaan besar sebuah negara, konsulat jenderal yang ada di berbagai negara di dunia, atau bisa juga ditempatkan di kantor organisasi internasional. Karena bekerja di organisasi internasional, para diplomat ini pun akan sering dipindahtugaskan ke mana saja. Diplomat juga akan menjadi perwakilan kepercayaan untuk menjalankan misi diplomatik yang ada di negara ataupun organisasi internasional.

  • Konsultan Imigrasi

Kini sangat banyak perusahaan yang ada di bidang konsultasi imigrasi. Seseorang yang bekerja sebagai Konsultan Imigrasi umumnya akan membantu masyarakan untuk mengurus hal yang berkaitan dengan bepergiannya seseorang ke luar negeri untuk berbagai macam kebutuhan, seperti liburan, belajar di luar negeri, tinggal sementara waktu, transit penerbangan ataupun pelayaran, dan masih banyak lagi. Banyaknya peminat dari jasa ini pun menjadikan profesi Konsultan Imigrasi sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Banyaknya proses yang rumit saat berhubungan dengan hubungan internasional antar-negara, membuat jurusan Hubungan Internasional dicari-cari dalam bidang ini.

  • Staf Kedutaan Asing

Bagi para lulusan Jurusan Hubungan Internasional juga bisa nih bekerja sebagai seorang staf di kantor kedutaan ataupun kantor konsultan asing. Setiap negara asing yang memiliki kedutaan di Indonesia, pastinya membutuhkan staf dari dalam negeri yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Lowongan pekerjaan ini bisa kamu cari di situs resmi kedutaan ataupun dari akun media sosialnya. Untuk dapat bekerja di sini, kamu harus lancar berbahasa Inggris, apalagi jika kamu mampu berbahasa dari negara yang kamu tangani. Jika kamu ingin melamar di Kedutaan Belanda di Indonesia, kamu pun harus setidaknya menguasai bahasa Belanda sebagai bahasa resmi negara tersebut.

Baca Juga: Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

President University sebagai Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

President University merupakan universitas swasta yang memiliki jurusan hubungan internasional yang bagus. Kampus ini terletak di Kawasan Jababeka, Jawa Barat. Sejak awal September 2009, jurusan Hubungan Internasional atau International Relations (IR) President University sudah banyak yang menjadi juara. Dalam artikel Liputan6.com tahun 2017, jurusan ini sudah berhasil mendidik 100 mahasiswa dan mendapatkan penghargaan dari berbagai bidang kompetisi yang diadakan nasional maupun internasional.

Menurut Kaprodi International Relations President University, Hendra Manurung, menyebutkan bahwa rata-rata IPK dari lulusan International Relations PU adalah 3,20. Tentunya keunggulan ini membuat kampus ini cocok untuk dikatakan sebagai universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Metode pembelajaran yang diterapkan di jurusan ini pun menekankan pembelajaran interaktif yang mana para mahasiswa dituntut aktif saat di kelas maupun saat kunjungan ke berbagai institusi pemerintahan.

Jurusan Hubungan Internasional President University didukung oleh 16 dosen tetap dan 10 dosen tidak tetap yang sudah mendapatkan pendidikan Pascasarjana ataupun Doktor di Ilmu Hubungan Internasional di negara-negara luar, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang, Selandia Baru, Swedia, Malaysia, Rusia, dan Taiwan. Dengan adanya dosen-dosen yang berkualitas akan dapat membantu para mahasiswanya belajar dengan baik. Tentunya para mahasiswanya pun akan terpacu untuk menjadi lebih baik dari pada pengajarnya dan tentunya universitas jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia cocok untuk kampus ini.