• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Kuliah dengan Asrama

Kuliah dengan Asrama

Kuliah dengan AsramaKuliah dengan asrama mungkin akan dicari-cari oleh para anak rantau karena tinggal di asrama akan memudahkan mereka. Banyak mahasiswa yang berasal dari luar daerah akan memilih ngekost, menyewa kontrakan, ataupun tinggal di asrama. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa kampus yang menyediakan fasilitas asrama untuk memudahkan para mahasiswanya tinggal di sekitaran kampus. Dengan adanya fasilitas asrama, para mahasiswa pun akan  terhindar dari datang terlambat masuk kelas.

Fakta tentang Mahasiswa yang Tinggal di Arama

Dikutip dari artikel Suara.com, para pakar pendidikan menyatakan bahwa mahasiswa yang tinggal di asrama ataupun lingkungan tempat tinggal di dekat kampus akan lebih berhasil dalam perkuliahannya daripada mereka yang tinggal di luar lingkungan kampus. Hal ini mungkin karena perhatian para mahasiswa tersebut akan lebih terfokuskan untuk belajar saja dan tidak perlu capek-capek pulang pergi keluar kampus.

Keuntungan yang akan dirasakan oleh para mahasiswa yang memilih tinggal di asrama adalah para mahasiswa dapat menghemat waktu dan juga ongkos transportasi. Terlebih kita tahu bahwa tidak semua mahasiswa diberikan uang saku yang cukup banyak dari para orang tuanya. Makanya, dengan memutuskan tinggal di asrama kampus, akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu naik angkutan umum dan bisa berjalan kaki saja ke kampus.

Keuntungan lainnya adalah para mahasiswa dapat berkesempatan untuk mengikuti berbagai macam ekstrakurikuler yang disediakan di kampus untuk dapat mengembangkan potensi mereka. Organisasi-organisasi yang mereka ikuti tentu akan membuat para mahasiswa saling berbagai pengetahuan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Karakter-karakter inilah yang akan dibutuhkan di dunia kerja.

Kampus yang Menyediakan Kuliah dengan Asrama

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa banyak sekali mahasiswa yang berasal dari daerah yang akan merantau dan mencari tempat tinggal yang cocok dengan kantongnya. Asrama kampus menjadi jawaban yang tepat karena biasanya harganya sangat terjangkau dan tentunya berlokasi di dekat kampus. Agar kamu tidak bingung, berikut daftar kampus yang menyediakan fasilitas asrama dalam lingkungan kampusnya.

  1. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran merupakan universitas yang ada di daerah Bandung dan Jatinangor. Unpad menyediakan berbagai fasilitas untuk para mahasiswanya, termasuk asrama untuk mahasiswa barunya yang menerima Bidikmisi. Biasanya, asrama Unpad ditinggali oleh para mahasiswa kedokteran dan farmasi. Untuk dapat tinggal di asrama ini, kamu hanya perlu membayar sewa sebesar Rp125.000 setiap bulannya. Hal menariknya adalah kampus ini menganjurkan para mahasiswa barunya untuk tinggal di asrama pada tahun pertama kuliahnya. Selanjutnya bisa bebas, lanjut asrama atau tinggal di luar lingkungan kampus.

  1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang paling banyak diincar oleh para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Kampus UGM terletak di Yogyakarta. Kampus ini juga menyediakan asrama untuk para mahasiswa barunya yang tinggal di luar wilayah Yogyakarta. Kehidupan dalam asrama UGM sama seperti yang ada di film-film lho! Ada beberapa peraturan dan tata tertib yang telah dibuat dan harus diikuti oleh para mahasiswa yang tinggal di dalamnya. Tapi, tata tertibnya adalah harus mengikuti berbagai pelatihan soft skill seperti wajib berinteraksi satu sama lain, belajar menjadi mahaiswa yang sukses, saling belajar tentang dasar-dasar kepemimpinan, dan juga belajar bersama tes TOEFL. Intinya, selama tinggal di asrama UGM, kamu harus aktif dan melaksanan peraturan yang dibuat oleh pihak asrama.

  1. Universitas Negeri Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret atau yang disingkat UNS merupakan salah satu PTN terbaik yang berada di daerah Solo, Jawa Tengah. UNS memiliki fasilitas asrama kampus untuk para mahasiswanya yang tinggal di luar wilayah Solo. Asrama UNS memiliki 4 gedung asrama. Masing-masing gedungnya dapat dihuni oleh 1 atau 2 orang mahasiswa. Asrama dalam kampus UNS dilengkapi pula dengan ruang rapat, kantin, dan juga ruang tamu. Untuk harga yang ditawarkan, kamu bisa langsung menghubungi email di asrama01mahasiswauns(@)gmail.com.  

Baca Juga: Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau yang dikenal dengan Unair juga kampus yang menyediakan fasilitas tempat tinggal untuk para mahasiswanya, seperti kost, arama, dan kontrakan. Fasilitas tempat tinggal yang paling lengkap adalah asrama Unair. Hal ini karena asrama Unair menyediakan banyak fasilitas lengkap yang tetap memberikan harga yang terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya sewa Rp150 ribu per bulannya dan sudah mendapat fasilitas seperti kantin, aula, koperasi, wifi, mushola, dan dapur umum. Tapi tidak semua bisa tinggal di asrama Unair lho! Ada beberapa berkas yang harus diserahkan pada pihak asrama untuk diseleksi. Setelah lolos seleksi, kamu bisa tinggal di asrama Unair selama setahun. Jika ada yang melanggar tata tertib asrama, akan dikenakan denda dengan tidak memperpanjang masa tinggal di asrama.

  1. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta atau yang dikenal UNJ memiliki fasilitas tempat tinggal yang pas bagi para mahasiswanya. Ada empat jenis tempat tinggal yang ada di sekitar kampus UNJ. Pertama adalah Rusunawa, seperti asrama yang berbentuk rumah susun. Di sini terdapat fasilitas yang banyak seperti lobby, ruang tamu, ruang belajar, kamar mandi, lapangan bola, kantin, gazebo, mushola, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, para mahasiswa yang tinggal di rusunawa wajib untuk mengikuti kegiatan organisasi, seperti organisasi keagamaan yang dianut, organisasi keolahragaan, dan kegiatan diskusi. Lalu ada tempat yang namanya Wisma UNJ, di sana lingkungannya lebih aman, nyaman, dan sejuk. Tentunya juga lokasinya cukup strategis. Untuk range harganya sekitar Rp800 ribu – Rp 1 juta per bulannya.

  1. Telkom University

Telkom University berlokasi di Bandung, Jawa Barat memiliki fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang wajib ditinggali oleh para mahasiswa tahun pertamanya pada awal masuk kuliah. Biaya asrama ini akan dibayarkan pada saat penerimaan mahasiswa baru. Biayanya belum termasuk makan dan minum, listrik, laundry, dan wifi. Setiap penghuni asrama Telkom juga wajib mengikuti pelatihan soft skill dalam bentuk seminar. Makanya, asrama ini sangat tepat untuk mengembangkan diri para mahasiswa yang tinggal di dalamnya.

  1. President University

President University merupakan salah satu universitas swasta yang menawarkan kuliah dengan asrama untuk para mahasiswanya di tahun pertama. Asrama di President University memiliki sebutan PUSH (President University Student Housing). Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, seperti keamanan yang 24/7, gratis parkiran untuk motor, free wifi, free air galon, dan juga tersedia saung untuk belajar bersama mahasiswa lainnya. Bukan hanya itu, ada juga fasilitas olahraga untuk para penghuninya seperti lapangan basket dan voli, tenis meja, dan peminjaman sepeda. Untuk jaraknya, sangat dekat banget dengan kampus. Biasanya hanya 8 menit jika berjalan kaki ke kampus. Hal ini tentunya akan menghemat anggaranmu sebagai anak mahasiswa.

Kuliah dengan asrama mungkin terdengar seperti mengekang para mahasiswanya. Padahal tinggal di dalam asrama dapat mengajarkan para mahasiswanya mandiri dan taat pada peraturan. Sudah menentukan ingin berkuliah di mana?