• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Info Beasiswa S1

Info Beasiswa S1

Info Beasiswa S1

Ketika berencana berkuliah S1, tentu kamu akan berusaha mencari info beasiswa S1 untuk meringankan biaya kuliahmu. Bagi para mahasiswa S1, mencari beasiswa itu menjadi kebanggaan karena secara tidak langsung kamu juga ikut meringankan beban orang tua untuk membayarkan biaya kuliah. Makanya, memburu beasiswa S1 sudah menjadi hal yang wajar bagi para mahasiswa. Beberapa institusi, organisasi, atau perusahaan akan menawarkan beberapa beasiswa yang dapat diikuti oleh para mahasiswa, yang berasal dari universitas negeri maupun swasta. Di bawah ini, adalah daftar beasiswa S1 yang dapat kamu simak.

  1. Beasiswa Bank Indonesia

Info beasiswa S1 pertama yang bisa kita ketahui adalah Beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa yang ditawarkan Bank Indonesia ini ditujukan untuk mahasiswa S1 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia ini tidak hanya mencakup biaya pendidikan, tunjangan pelajar, ataupun biaya hidup. Penerima beasiswa ini juga akan dibimbing dalam komunitas yang akan mendapatkan pelatihan secara berkala, terencana, dan juga terarah untuk meningkatkan kompetensi individu yang terdaftar dalam beasiswa tersebut. Komunitas ini juga akan dapat mengembangkan karakter serta jiwa kepemimpinan supaya dapat menjadi pribadi yang unggul dan mampu bersaing. Biasanya, pendaftara beasiswa ini ada di sekitar bulan Februari dan Maret setiap tahunnya.

  1. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa S1 berikutnya adalah Djarum Beasiswa Plus. Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Djarum Foundation bagi para mahasiswa/I yang berprestasi di Indonesia. Bantuan yang dikeluarkan merupakan dana senilai Rp 1 juta setiap bulannya selama satu tahun dan juga berbagai kegiatan pembekalan soft skills. Namun, tidak semua universitas dapat mendaftarkan diri sebagai peserta. Ada sekitar 80 perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi mitra Program beasiswa Djarum ini. Tapi jangan khawatir, kalau kampusmu belum menjadi mitra Djarum Beasiswa plus, kamu dapat mengusulkan ke pihak Djarum Foundation. Djarum Beasiswa Plus tahun 2020 ini akan segera berakhir di 16 Mei 2020.

  1. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Info beasiswa S1 yang ketiga adalah Beasiswa Karya Salemba Empat. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan Salemba Empat untuk para mahasiswa S1 yang telah berkuliah minimal di semester 2. Bantuan yang diberikan pada beasiswa ini adalah tunjangan biaya hidup senilai Rp750 ribu setiap bulannya selama setahun dan dapat diperpanjang pada tahun berikutnya. Selain mendapatkan biaya hidup, tapi para penerima beasiswa akan mendapatkan berbagai pelatihan seperti, Leadership Program, Workshop dan Coaching yang akan sangat bermanfaat untuk pengembangan diri pesertanya. Beasiswa ini biasanya diadakan pada bulan April setiap tahunnya.

  1. Beasiswa Mizan

Beasiswa s1 selanjutnya adalah Beasiswa Mizan. Beasiswa Mizan merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Mizan Publisher setiap tahunnya untuk para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi, tesis, atau disertasi) di seluruh Indonesia. Dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas serta kualitas dalam menulis jurnal ilmiah bagi para cendekia Indonesia. Persyaratan untuk dapat mengikuti Beasiswa Mizan ini adalah penelitian karya tugas akhir harus bertemakan studi keislaman, yang bisa ditinjau dari berbagai aspek seperti ajaran, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teks filsafat, teknologi sains dan masih banyak lagi.

  1. Beasiswa BCA Finance

Info beasiswa S1 berikutnya adalah Beasiswa BCA Finance. Beasiswa BCA Finance adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh pihak BCA Finance Peduli untuk seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Kelebihan dari beasiswa ini adalah terbukan untuk semua mahasiswa D4 dan S1 dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Jika kamu sudah melewati semester 2, kamu pun bisa daftar beasiswa ini. Bentuk dana yang diberikan oleh beasiswa ini adalah bantuan dana kuliah senilai Rp3 juta per semester. Pendaftaran untuk beasiswa ini biasanya dimulai pada bulan Mei-Juni setiap tahunnya.

  1. Beasiswa Tokopedia

Perusahaan teknologi asal Indonesia, Tokopedia sedang mengadakan misi pemerataan ekonomi secara digital. Beasiswa S1 yang lainnya adalah dari Tokopedia. Tokopedia bersedia menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa yang telah menduduki semester 5 dan mengambil jurusan mengenai teknologi seperti Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Statistika, Teknik Mesin, atau jurusan yang sederajat. Beasiswa yang ditawarkan berupa biaya perkuliahan selama dua semeter, uang buku, biaya wisuda, dan juga uang saku selama satu tahun seharga Rp3 juta per bulan. Cocok banget nih buat kamu yang anak-anak Teknik.

Baca Juga: Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

  1. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa S1 terkenal di kalangan mahasiswa yang perlu kamu pertimbangkan adalah Beasiswa Tanoto Foundation. Beasiswa ini ditawarkan dalam skema National Champion Scholarship, lho! Beasiswa ini memang ditujukan untuk para mahasiswa S1 dan S2 yang berprestasi tapi tidak mampu secara ekonomi untuk mengenyam pendidikan. Beasiswa Tanoto Foundation memiliki tujuan mencetak para pemimpin masa depan yang memiliki karakter kuat, cakap, serta tangguh. Beasiswa S1 yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation ini adalah biaya kuliah tiap semester sampai semester 8, mendapatkan tunjangan bulanan, serta mendapatkan berbagai program pelatihan kepemimpinan.

  1. Beasiswa PPA

Beasiswa S1 ke delapan adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Beasiswa ini memang diperuntukan mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan, maupun jenjang Diploma ataupun Sarjana di PTN atau PTS seluruh Indonesia. Penerima Beasiswa PPA ini akan mendapatkan dana sebesar Rp350 ribu per bulan yang diberikan berdasarkan periode anggaran kepada masing-masing penerima. Banyak lho mahasiswa yang mencari beasiswa S1 dari PPA ini.

  1. Beasiswa dari President University

Salah satu perguruan tinggi swasta yang sering memberikan info beasiswa S1 bagi mahasiswanya adalah President University. Kampus ini memang dikenal dengan biaya kuliahnya yang mahal tapi juga dikenal sebagai kampus penyedia beasiswa bagi para mahasiswanya. Universitas yang terletak di kawasan industri Jababeka ini merupakan universitas bertaraf internasional di Indonesia. President University menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa yang memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku di sana. Persyaratan wajib bagi pendaftar beasiswa di President University adalah seorang WNI yang berbadan sehat serta terbebas dari Narkoba, Beasiswa berlaku untuk calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/Sederajat pada tahun 2020, atau maksimal dua tahun sebelum perkuliahan dimulai, Wajib memiliki nilai minimal 80 dari semester 1-4 pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Info beasiswa S1 yang diadakan President University memiliki beberapa prosedur. Prosedur pendaftarannya bisa dilakukan di website admission.president.ac.id dengan menekan tombol APPLY NOW. Nanti kamu akan disuruh mengisi data diri secara terperinci untuk menerima informasi mengenai pendaftaran dan pengumuman beasiswa; kamu perlu menulis nama lengkap sesuai rapor atau ijazah, menuliskan email dan nomor handphone yang masih aktif, serta alamat rumah dengan nama jalan, provinsi, kabupaten/kota, kec/kelurahan, kode pos yang lengkap. Setelah itu kamu mengikut tes tulis yang diadakan.

Materi tes terulis yang diberikan ada dua jenis, yaitu PUET (President University English Test) dan PUAT (President University Aptitude Test). PUET merupakan tes tertulis Bahasa Inggris yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda dengan durasi 60 menit. PUAT merupakan tes tertulis Pengetahuan Umum dan Matematika Dasar yang terdiri dari 70 soal pilihan ganda dengan durasi 90 menit.

Itulah beberapa beasiswa S1 yang bisa kamu pilih jika kamu saat ini merupakan seorang mahasiswa dengan ketentuan-ketentuan yang disebutkan di atas. Yuk, daftarkan dirimu!