• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Info Beasiswa S1

Info Beasiswa S1

Info Beasiswa S1Sebagai lulusan SMA dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, mencari info beasiswa S1 merupakan hal yang lumrah. Beasiswa S1 tentu akan membantu biaya perkuliahan para mahasiswa terutama mahasiswa yang kurang mampu. Beasiswa S1 biasanya disediakan oleh pemerintah tapi juga ada beasiswa S1 yang berasal dari institusi swasta ataupun yayasan. Tidak perlu membicarakan uangnya berasal dari mana, tapi kamu perlu merasakan manfaatnya mendapatkan beasiswa S1. Sebuah beasiswa S1 dapat menanggung biaya kuliahmu yang bisa saja menghabiskan uang hingga ratusan juta.

Info Beasiswa S1

Ada beberapa institusi yang rutin memberikan beasiswa S1 bagi yang memenuhi persyaratan. Bagi kamu yang berencana untuk berkuliah S1 di dalam negeri ataupun di luar negeri, ada banyak kesempatan untuk memperoleh beasiswa S1 ini. Beasiswa yang ditawarkan juga bukan hanya untuk mereka baru masuk kuliah, tapi ada beberapa beasiswa yang memang diberikan untuk para pelamar yang sudah menjadi mahasiswa di perguruan tinggi terpilih dan sudah berada di jenjang semester sesuai ketentuan. Berikut daftar beasiswa S1 yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

  1. Beasiswa S1 Bidikmisi

Beasiswa S1 Bidikmisi ini diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari keluarga yang tidak mampu sehingga biaya kuliah pun sulit. Beasiswa ini memang diberikan pemerintah melalui Kementerian Ristek Dikti untuk dapat membantu siswa lulusan SMA yang berasal dari keluarga tidak mampu tapi memiliki potensi. Melalui Beasiswa S1 Bidikmisi ini, para pelamar yang kurang mampu tersebut tetap dapat melanjutkan ke jenjang S1 di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Beasiswa ini sudah termasuk biaya kuliah, biaya hidup, serta biaya kebutuhan studi lainnya. Pelamar yang memiliki kriteria yang sesuai bisa langsung mendaftarkan diri pada Beasiswa S1 Bidikmisi untuk masuk di tahun perkuliahan baru.

  1. Beasiswa Etos

Beasiswa Etos merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi para mahasiswa yang telah lolos dari PTN tapi berasal dari keluarga kurang mampu. Penerima Beasiswa Etos akan memperoleh  Program pengembangan diri selama empat tahun, di antaranya seperti team building, career coaching, character building, spiritual awareness, serta persiapan-persiapan setelah lulus kuliah. Selain fasilitas tersebut, para mahasiswanya juga akan mendapatkan sewa astama selama 2 tahun, serta uang saku untuk delapan semester tapi kuota terbatas, serta kamu juga akan mendapatkan dukungan prestasi untuk di dalam serta luar negeri. Keren banget kan!

  1. Beasiswa S1 Unggulan

Ketika menyebutkan nama Beasiswa Unggulan, tentunya banyak orang yang sudah mengetahui. Beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan untuk menyediakan beasiswa dalam beberapa jenjang sekaligus, salah satunya adalah beasiswa untuk jenjang S1 bagi lulusan SMA di Indonesia. Biasanya Beasiswa S1 Unggulan ini ditawarkan saat awal tahun. Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ini, kesempatannya terbuka sangat lebar. Beasiswa ini dapat digunakan untuk berkuliah di dalam maupun di luar negeri. Pokoknya cepat daftar ya!

  1. Beasiswa PPA/BPP

Salah satu peluang bagi kamu yang sudah berstatus sebagai mahasiswa dan ingin mendapatkan biaya kuliah adalah dengan mengikuti Beasiswa PPA/BPP. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) ini memang ditujukan untuk mahasiswa yang sudah berkuliah di perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp350 ribu per bulannya. Lumayan banget kan bagi kamu yang sudah berkuliah.

  1. Beasiswa S1 Djarum

Beasiswa S1 Djarum memang rutin ditawarkan bagi para mahasiswa S1 di Indonesia. Berbeda dari beasiswa di atasnya, beasiswa ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan S1-nya sampai pada semester IV. Beasiswa Djarum juga mengajak beberapa universitas di Indonesia sebagai mitranya. Jadi, kamu bisa lihat nih apakah kampusmu masuk dalam daftar dan kamu bisa mengajukan diri deh. Biasanya, beasiswa ini akan dibuka di awal April.

  1. Beasiswa S1 BII-Maybank

Beasiswa ini diadakan oleh BII-Maybank Foundation, tepatnya BII-Maybank Foundation Scholarship. Untuk para lulusan SMA di Indonesia yang berniat berkuliah di salah satu universitas di tiga negara ini, Indonesia, Singapura, atau Malaysia, kamu bisa mendaftarkan diri. Beasiswa BII-Maybank ini full untuk biaya kuliah, biaya hidup, tunjangan buku kuliah, asuransi, biaya riset penelitian, dll. Cocok banget untuk kamu yang berniat serius kuliah.

Baca Juga: Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

  1. Beasiswa Astra 1st

Beasiswa Astra 1st (dibacanya first) merupakan beasiswa S1 yang ditawarkan oleh Astra Internasional bagi mahasiswa S1.  Beasiswa ini tidak hanya memberikan dukungan finansial pendidikan pesertanya, tapi juga memberikan pelatihan serta bimbingan untuk para pesertanya untuk dapat menghadapi dunia kerja. Beasiswa Astra 1st saat ini memang hanya ditujukan untuk para mahasiswa Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang ada di Pulau Jawa. Untuk kamu yang memiliki kriteria yang disebutkan, bisa langsung daftarkan dirimu pada info beasiswa S1 ini ya!

  1. Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Ada beasiswa lainnya yang diberikan rutin tiap tahunnya seperti Beasiswa dari Tanoto Foundation. Beasiswa ini ditawarkan untuk para mahasiswa yang sedang berada di jenjang S1 dan S2. Bagi yang ingin melamar, kamu harus menjadi mahasiswa di universitas yang menjadi mitra Tanoto Foundation. Ada beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang terdaftar sebagai mitra Tanoto Foundation. Selain itu, ada juga beasiswa yang khusus sebagai ikatan dinas. Universitasnya itu juga sudah ditentukan oleh Tanoto Foundation. Beasiswa S1 Tanoto Foundation ini memberikan biaya kuliah tiap semester dan biaya hidup.

  1. Beasiswa S1 Sobat Bumi

Beasiswa Sobat Bumi merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pertamina Foundation. Beasiswa ini memang ditujukan untuk para mahasiswa S1 dari sejumlah perguruan tinggi yang telah menjadi mitra Pertamina Foundation. Pelamar yang diperbolehkan mendaftar beasiswa ini adalah mereka yang sedang atau telah menyelesaikan semester IV di kuliah S1.  Kandidat yang akan terpilih akan memperoleh beasiswa biaya UKT maksimal Rp 10 juta untuk jangka waktu selama setahun. Lalu, para persertanya juga akan diberikan biaya hidup masing-masing sebesar Rp 500 ribu per bulan. Sangat lumayan banget untuk kamu yang memang membutuhkan biaya tambahan.

  1. Beasiswa S1 President University

Siapa bilang universitas swasta biaya kuliahnya mahal? Hal ini akan terjawab dari Beasiswa S1 President University. Yap, President University memberikan beasiswa S1-nya untuk para calon mahasiswanya yang ingin berkuliah di kampus yang berada di Bekasi, Jawa Barat ini. Beasiswa ini akan mempermudah lulusan SMA tanpa harus mengikuti tes masuk President University. Syaratnya pun cukup mudah, kalau kamu merupakan mahasiswa berprestasi pasti akan dengan mudah mendapatkannya. Pertama, kamu harus berkewarganegaraan Indonesia dan bebas dari Narkoba, dan memiliki nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapor dengan minimal 80 masing-masing pelajaran dari semester 1-4. Kamu pun tinggal mendaftarkan diri di website President University. Cocok banget bagi kamu yang ingin kuliah di sini lho!

Itulah daftar info beasiswa S1 yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk meringankan biaya kuliahmu, jadi kamu minat yang mana?