• Universitas Bertaraf Internasional di Indonesia
  • kuliah dengan asrama
  • Beasiswa Universitas Swastadi Indonesia
International University

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Banyak yang beranggapan bahwa beasiswa universitas swasta di Indonesia itu tidak ada, padahal nyatanya sangat banyak. Banyak universitas swasta yang menyediakan beasiswa untuk para peserta didiknya. Kualitas pendidikan di universitas swasta juga tidak kalah bagus daripada universitas negeri. Biasanya universitas swasta memiliki program unggulan serta fasilitas yang ditawarkan bagi para mahasiswanya. Makanya tak heran jika biaya kampusnya pun mahal.

Beasiswa Universitas Swasta di Indonesia

Ada beberapa beasiswa yang disedikan oleh universitas swasta di Indonesia. Program beasiswa tersebut tersedia banyak dan beragam, baik itu dari pihak universitas ataupun dari perusahaan. Jika kamu adalah calon mahasiswa universitas swasta dan ingin mendapatkan beasiswa, kamu bisa cari tahu nih daftarnya, di bawah ini.

  1. Telkom University

Telkom University merupakan universitas swasta yang peringkatnya sudah berada di atas sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. Akreditasi yang telah dikantongi Telkom University adalah akreditasi A. Universitas ini berada di daerah Bandung, Jawa Barat dan didirikan oleh PT Telkom Indonesia. Universitas ini juga sudah diakui sebagai salah satu universitas telekomunikasi terbaik di Indonesia. Para calon mahasiswa ataupun mahasiswa Telkom University tak perlu cemas karena di kampus ini kamu akan mendapatkan banyak kesempatan beasiswa. Ada sekitar 18 beasiswa yang bisa didaftarkan oleh para calon mahasiswa ataupun para mahasiswa Telkom University yang tentunya akan menunjang biaya kuliahmu.

  1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia merupakan universitas swasta yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. UII juga dikatakan sebagai universitas swasta terbaik. Jika kamu ingin menuntut ilmu sambil belajar syariat Islam, kamu bisa jadikan UII pilihan kampus untukmu. Universitas swasta nasional tertua di Indonesia ini pun banyak menyediakan beasiswa untuk para mahasiswa dan juga calon mahasiswanya. Ada Beasiswa Hafidz Quran yang terkenal di sana. Jika kamu hafal beberapa juz dalam Alquran, kamu bisa mendapatkan beasiswa ini. Kalau diurutkan, ada sekitar 13 beasiswa yang akan memudahkan para mahasiswanya belajar di sana.

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan Binus ini memang kampus yang sangat populer di kalangan anak muda serta memiliki kualitas yang bagus. Binus menyediakan 7 fakultas dengan terdiri dari 30 jurusan. Universitas ini juga memiliki nilai lebih karena menyediakan program double degree di setiap jenjangnya. Walaupun universitas swasta, Binus tetap menyediakan program beasiswa untuk para calon mahasiswa ataupun mahasiswa yang sudah terdaftar di sana. Di sana kira-kira ada 10 beasiswa yang bisa kamu pilih untuk mendukung biaya kuliahmu.

  1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan atau yang dikenal dengan Upar merupakan universitas swasta yang memiliki reputasi yang baik, sebagai peringkat empat universitas swasta terbaik, Unpar juga dikenal sebagai universitas yang memiliki lulusan yang mampu berkompetensi di dunia kerja. Untuk kamu yang ingin berkuliah di Unpar tidak usah cemas karena universitas ini juga menyediakan beasiswa untuk para mahasiswanya. Ada sekitar 14 beasiswa yang bisa kamu ajukan jika kamu adalah mahasiswa Unpar.

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan universitas swasta terbaik ke lima versi kemenristekdikti. Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan universitas cabang dri Jakarta dan sudah berdiri sejak 1965. Ada 6 fakultas di program S1 dan juga ada 4 fakultas untuk program Magister. Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini juga memiliki banyak program beasiswa, baik berasal dari yayasan Atma Jaya ataupun dari pihak luar. Ada 14 jenis beasiswa yang bisa kamu pilih nih jika kamu adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca Juga: Info Beasiswa S1

  1. Universitas Tarumanegara (Untar)

Universitas Tarumanegara atau yang disebut dengan Untar merupakan universitas swasta terbaik posisi ke delapan. Untar sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT sehingga lulusannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Universitas Tarumanegara juga menyediakan beragam beasiswa untuk para mahasiswa ataupun calon mahasiswanya. Kamu bisa pilih satu dari 11 beasiswa yang ditawarkan oleh Untar. Kamu bisa deh mendapatkan beasiswa universitas swasta di Indonesia jika berkuliah di Untar.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang dikenal dengan UMY merupakan universitas swasta terfavorit peringkat sembilang. Universitas ini merupakan salah satu universitas yang paling banyak diincar di daerah Yogyakarta. Kalau kamu memiliki mimpi untuk berkuliah di UMY tapi kamu kesulitan dalam biaya kuliah, kamu tidak perlu cemas karena UMY akan memberikanmu pilihan beberapa beasiswanya. Ada 13 beasiswa yang dapat kamu pilih sebagai caramu berkuliah dengan lebih murah.

  1. Universitas Surabaya (Ubaya)

Universitas Surabaya atau yang dikenal dengan nama Ubaya merupakan salah satu universitas swasta terbesar yang ada di Surabaya. Universitas ini pun sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2015 sehingga bukan hal yang mengherankan jika universitas ini berada dalam posisi ke enam di daftar universitas swasta terbaik. Ubaya merupakan Universitas Trisakti Surabaya sejak tahun 1966 dan diganti pada 1968. Kalau kamu merupakan calon mahasiswa Ubaya, kamu tentu ingin mendapatkan biaya murahnya kan. Nah, Ubaya pun menyediakan 14 jenis beasiswa yang bisa kamu pilih untuk meringankan beban biaya kuliah.

  1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan atau yang disingkat dengan UAD, merupaka universitas swasta terbaik yang ada di daerah Yogyakarta. Universitas ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Universitas Ahmad Dahlan merupakan universitas yang melepaskan diri dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Lalu pada tahun 1994, Universitas Ahmad Dahlan sudah beralih fungsi dan sudah berdiri sendiri.

  1. President University

President University merupakan universitas swasta yang berada di kawasan Jababeka Indonesia. President University juga salah satu universitas swasta yang telah berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2018 lalu. Universitas ini juga mewajibkan para mahasiswa tingkat pertama untuk tinggal di asrama selama setahun. Kurikulum yang digunakan oleh President University adalah kurikulum internasional. Para mahasiswanya pun diwajibkan untuk berbahasa Inggris karena bahasa pengantar universitas ini adalah bahasa Inggris.

Ekstrakurikuler yang tersedia di PU juga sangat banyak sehingga para mahasiswanya pun dapat menyalurkan hobi mereka dengan baik. President University juga mewajibkan program magang maksimal dua semester untuk para mahasiswanya agar lebih siap ke jenjang karier. Walaupun semuanya serba internasional, President University juga menyediakan beasiswa jalur rapor untuk para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di sana. Syaratnya pun tidak sulit apalagi jika kamu adalah murid berprestasi. Kamu hanya perlu menyiapkan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris minimal 80 selama semester 1-4. Kamu pun bisa segera mendaftarkan diri di website President University dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan.

Siapa bilang kuliah di universitas swasta tidak bisa mendapatkan beasiswa? Nyatanya banyak sekali beasiswa universitas swasta di Indonesia yang disediakan oleh masing-masing kampus untuk membantu mahasiswanya meringankan biaya kuliah. Yuk, daftar!